Perawatan Mesin Jahit Portabel

Hasil gambar untuk mesin jahit portable blibli

Di Indonesia ada banyak sekali jenis mesin jahit salah satunya adalah mesin jahit portabel. Untuk produk yang sudah terjamin kualitasnya maka mesin jahit seperti ini tentu akan mampu bertahan lama. Namun bagaimana yang kualitasnya belum terjamin karena brand  baru yang baru saja resmi rilis di pasaran. Harga murah seringkali menjadi godaan yang sangat besar apalagi jika seseorang sedang senang menjahit. Namun seharusnya yang menjadi tolak ukur adalah kualitas mesin itu sendiri. Jangan membeli mesin yang Anda bahkan belum tahu apakah semua komponen yang ada hanya fake atau asli dan bisa berfungsi dengan baik.

Cara Merawat Mesin Jahit Portabel dengan Baik

Mesin jahit portabel sama dengan mesin jahit lainnya yang juga membutuhkan perawatan yang maksimal. Tanpa dirawat maka kondisinya lama kelamaan bisa rusak seperti berkarat bahkan hingga rusak total. Hal itu tentu saja bukan menjadi hal yang Anda harapkan bukan? Berikut beberapa cara merawat dengan mudah:

  • Untuk mesin jahit portabel maka pastikan agar mesin tidak sampai jatuh ke lantai. Mesin jahit tangan sama dengan gadget yang jika jatuh apalagi dari ketinggian pasti akan rusak. Bagian-bagian fisik bisa saja rusak total jika terjatuh dan tentu saja membutuhkan perbaikan yang tidak mudah.
  • Selain itu bersihkan secara teratur bagian rumah mesin jahit Anda dari debu, minyak dan segala macam kotoran yang menempel. Terkadang setelah digunakan menjahit aka nada banyak sisa benang atau kain yang tertinggal. Bersihkan hanya dengan kain lembut dan bersih hingga semua kotoran hilang sempurna.
  • Sikat dengan lembut bagian plat kepala mesin yang sering terlupakan
  • Untuk bagian yang sudah Anda lepas dan bersihkan segera pasang kembali karena jika ditunda Anda bisa saja lupa. Komponen mesin jahit portabel yang cukup kecil sangat riskan untuk hilang.
  • Oleskan pelumas khusus mesin jahit portabel dan gunakan mesin terlebih dahulu pada kain yang tidak dipakai lagi untuk mengeluarkan sisa mesin agar habis dengan maksimal. Gunakan pelumas khusus sesuai dengan jenis mesin yang Anda punya.
  • Bersihkan seluruh bagian mesin dengan kain bersih tanpa terlewat termasuk bagian terkecil sekalipun. Diamkan beberapa saat sebelum menggunakan mesin kembali. Untuk mesin yang digunakan secara terus menerus perlu diberikan waktu istirahat selama beberapa saat.
  • Untuk pemberian minyak pelumas tidak perlu sampai terlalu banyak. Cukup satu hingga 3 tetes minyak saja sudah cukup untuk membuat semua bagian terminyaki dengan baik.

Jika ada gangguan pada bagian mesin seperti jarum yang sering patah, benang sering putus dan lainnya maka segera perbaiki mesin di service center resmi. Hindari membongkar mesin jahit portabel tanpa kemampuan khusus karena bisa merusak komponen yang rapuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *