Asyiknya Berkemah di Halaman Rumah

Bagaimana keseruan berkemah ala Doremi Thomas and Friends di halaman rumah? Pastinya akan sangat menyenangkan. Halaman rumah adalah salah satu tempat asyik yang bisa menjadi area petualangan anak. Saat bermain di halaman rumah, bisa jadi anak – anak akan menemukan hal baru seperti kehidupan serangga, simbiosis mutualisme hewan dan tumbuhan, atau proses bertumbuhnya tanaman.

Jadi, tidak perlu jauh – jauh ke tempat yang melelahkan untuk mengajari anak banyak hal tentang alam. Cukup di halaman rumah saja, mereka bisa mengakses kebahagiaan sekaligus pembelajaran. Kegiatan yang bisa dilakukan di halaman rumah adalah berkemah. Berkemah bagi anak – anak mungkin bisa dilakukan saat ada program sekolah perkemahan Sabtu Minggu (Persami) atau jambore Pramuka. Namun, selain itu akan sulit bagi anak – anak untuk mendapatkan pengalaman berkemah.

Selain itu, pada usia dini pihak lembaga pendidikan pasti masih kesulitan dalam memastikan keamanan anak dari berbagai macam bahaya mulai dari sakit sampai hewan liar. Oleh karena itu, orangtua sangat bisa mengatur skenario berkemah yang lebih sehat dengan dilakukan di halaman rumah. Berkemah di halaman rumah bisa disesuaikan dengan ukuran area.

Misalnya saja untuk halaman rumah yang minimalis, maka tendanya pun tidak perlu terlalu besar. Bahkan, jika tidak memiliki tenda anak – anak juga bisa dilibatkan dalam kreasi membuat tempat berkemah dari kardus atau karton bekas. Karena dilakukan di area rumah, orangtua tidak perlu risau akan kehadiran hewan liar yang mengganggu. Mungkin masih ada beberapa ancaman seperti gigitan serangga atau hewan kecil lainnya.

Untuk itu, jangan lupa menyapkan minyak anti nyamuk dan baju tebal yang panjang sehingga anak – anak bisa terhindar dari gigitan nyamuk atau serangga lain. Saat anak – anak melakukan eksplorasi di halaman, misalnya saja meneliti tentang perkembangan bunga gantung yang ditanam ayahnya sepekan lalu abadikan momen tersebut dalam kegiatan pembelajaran bersama orangtua.

Pembelajaran yang mengena dan berkaitan langsung dengan kehidupan sehari – hari akan sangat baik bagi perkembangan emosional serta kematangan otak anak. Tentunya orangtua tidak ingin melewatkan momen ini bukan? Dengan demikian, jangan melarang anak melakukan hal – hal baru saat berkemah sederhana ini.

Jika ingin anak mempelajari sesuatu dengan lebih terstruktur, maka sebaiknya orangtua merancang skenario pembelajaran seperti membuat maze yang kemudian anak harus mencari suatu benda. Cukup beberapa benda sederhana di rumah dengan hadiah kue kering buatan mama, maka anak akan sangat senang dan merasa hasil kerja kerasnya dihargai.

Karena halaman rumah adalah area outdoor, maka jangan terkejut apabila anak akan berkotor – kotor selama proses belajar dan bermainnya. Yang harus dilakukan orangtua adalah memastikan mereka tidak menelan atau makan dari tangan yang kotor. Selebihnya, jangan terlalu khawatir karena tangan atau badan yang kotor tentu bisa dibersihkan.

Dengan produk – produk perawatan tubuh anak dari Doremi Thomas and Friends seperti Body Wash, Shampoo and Conditioner, serta Mist Cologne, anak – anak akan bisa membersihkan dirinya sampai seluruh bakteri hilang selepas bermain kotor. Karena mengandung ekstrak Aloe Vera, sabun, shampoo dan parfum anak tersebut sangat segar dan bisa membunuh bakteri jahat penyebab gatal atau cacingan.

Petualangan yang akan diperoleh anak ditambah dengan kebahagiaan dan pembelajaran tentu sangat menyenangkan dibanding jika orangtua terlalu khawatir dan over protektif. Jadi, ayo ajak anak untuk berkemah di halaman rumah dan serahkan acara mandinya pada produk – produk Doremi Thomas and Friends.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *